• Beranda
  • Produk & Layanan
      Transaksi
    • Transfer & E-Wallet
    • Top up & Tagihan
    • QRIS
    • Setor & Tarik Tunai
      SeaBank x Shopee
    • Buka Rekening via Shopee
    • Hubungkan Akun Shopee
    • Top Up & Penarikan Dana
    • Pembayaran di Shopee
      Produk Perbankan
    • Tabungan
    • Deposito
    • SeaBank Pinjam
    • Produk Non Digital
      Riwayat & Pengaturan
    • Riwayat Transaksi & E-Statement
    • Pengaturan Limit
      Keamanan
    • Informasi Keamanan
  • Promo
  • Perusahaan
      Informasi Perusahaan
    • Tentang SeaBank
    • Biaya dan Bunga
    • Lokasi SeaBank
    • Karir
      Transparansi
    • Tata Kelola Perusahaan dan Hubungan Investor
    • Whistleblowing
    • Mekanisme Pengaduan
  • Blog
  • Pusat Bantuan
Download SeaBank
Mobile
Scan the QR code to download the app
  • Beranda
  • Produk & Layanan
      Transaksi
    • Transfer & E-Wallet
    • Top up & Tagihan
    • QRIS
    • Setor & Tarik Tunai
      SeaBank x Shopee
    • Buka Rekening via Shopee
    • Hubungkan Akun Shopee
    • Top Up & Penarikan Dana
    • Pembayaran di Shopee
      Produk Perbankan
    • Tabungan
    • Deposito
    • SeaBank Pinjam
    • Produk Non Digital
      Riwayat & Pengaturan
    • Riwayat Transaksi & E-Statement
    • Pengaturan Limit
      Keamanan
    • Informasi Keamanan
  • Promo
  • Perusahaan
      Informasi Perusahaan
    • Tentang SeaBank
    • Biaya dan Bunga
    • Lokasi SeaBank
    • Karir
      Transparansi
    • Tata Kelola Perusahaan dan Hubungan Investor
    • Whistleblowing
    • Mekanisme Pengaduan
  • Blog
  • Pusat Bantuan

Waspada Modus Penipuan Link Palsu Berkedok Penukaran Poin atau Hadiah

16 Apr 2025

Semakin hari, modus penipuan untuk mengelabui masyarakat Indonesia semakin beragam. Tugas kita sebagai sebuah perusahaan adalah menghimbau dan memberikan pengetahuan bagaimana untuk mengetahui modus awal sebuah kejahatan serta cara mengatasinya. Salah satunya modus penipuan mengatasnamakan instansi resmi pemerintah, dimana jika terjadi sesuatu yang berkaitan dengan data sensitif akan membuat korban cepat panik lalu mengambil keputusan yang gegabah. Di artikel ini akan menjelaskan modus untuk mendeteksi adanya dugaan penipuan.

Jangan langsung senang jika Anda mendapatkan pesan atau SMS berisi informasi memenangkan hadiah dengan cara menukarkan poin. Tetap waspada, karena bisa jadi pesan tersebut merupakan modus penipuan baru.

Belakangan beredar modus penipuan melalui pesan atau SMS yang meminta anda untuk melakukan penukaran poin demi untuk mendapatkan hadiah. Jika Anda kurang waspada dan masuk ke dalam modus tersebut bisa menyebabkan terjadinya tindak kejahatan. Yuk kenali motif yang biasanya digunakan untuk modus penipuan ini;

  • Pelaku mengirimkan pesan atau SMS dengan isi yang menarik dan disertai link yang mengarah ke website palsu Bank. Contohnya:

“Anda mendapatkan hadiah”, “Poin Anda akan kadaluarsa hari ini”, atau

“Poin Anda telah memenuhi persyaratan pertukaran”

  • Setelah klik link tersebut, korban akan diminta mengisi informasi pribadi perbankan seperti PIN, Password, atau OTP
  • Pelaku berhasil mengakses dan melakukan transaksi menggunakan data yang sudah dimasukkan oleh korban

Harap selalu diingat bahwa Bank tidak pernah meminta informasi pribadi perbankan seperti PIN, Password, atau OTP.

Lalu, apa yang harus kita lakukan jika mendapatkan pesan penipuan seperti di atas? Berikut langkah yang bisa Anda ikuti:

  1. Jangan pernah klik link mencurigakan dan validasi terlebih dahulu informasi yang Anda terima ke kanal resmi SeaBank
  2. Jangan install aplikasi apa pun dari link mencurigakan
  3. Jika Anda terlanjur membuka link dan memasukkan data pribadi ke dalam website, segera hubungi layanan Customer Service SeaBank di 1500 130
  4. Jangan pernah memberikan informasi pribadi perbankan seperti PIN, Password, atau OTP kepada siapapun termasuk petugas Bank

Ketahui kanal resmi dari SeaBank agar terhindar dari hoaks dan modus penipuan:

Facebook: SeaBank Indonesia
Instagram: @seabank.id
TikTok: @SeaBank.ID
X: @SeaBankID dan @SeaBankCare
LinkedIn: SeaBank Indonesia
YouTube: SeaBankIDOfficial

Customer Service Call Center: 1500 130
Email: cs@seabank.co.id
Website: https://www.seabank.co.id/
WhatsApp:
Seabank Indonesia (+628111500511) ✅
Seabank Indonesia Collection (+6281119150095) ✅
Seabank Indonesia Security (+6281119150096) ✅

Akun WhatsApp resmi SeaBank Indonesia memiliki tanda centang hijau dan pesan resmi. Akun WhatsApp resmi SeaBank tidak bisa digunakan untuk membuat atau menerima telepon.

Jika kamu merasa menjadi sasaran penipuan, segera hubungi customer service SeaBank melalui telefon di 1500 130.

IKUTI KAMI
PT Bank Seabank Indonesia berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI) serta merupakan bank peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)
PT Bank Seabank Indonesia berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI) serta merupakan bank peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)