Semakin hari, modus penipuan untuk mengelabui masyarakat Indonesia semakin beragam. Tugas kita sebagai sebuah perusahaan adalah menghimbau dan memberikan pengetahuan bagaimana untuk mengetahui modus awal sebuah kejahatan serta cara mengatasinya. Salah satunya modus penipuan mengatasnamakan instansi resmi pemerintah, dimana jika terjadi sesuatu yang berkaitan dengan data sensitif akan membuat korban cepat panik lalu mengambil keputusan yang gegabah. Di artikel ini akan menjelaskan modus untuk mendeteksi adanya dugaan penipuan.
Jangan langsung senang jika Anda mendapatkan pesan atau SMS berisi informasi memenangkan hadiah dengan cara menukarkan poin. Tetap waspada, karena bisa jadi pesan tersebut merupakan modus penipuan baru.
Belakangan beredar modus penipuan melalui pesan atau SMS yang meminta anda untuk melakukan penukaran poin demi untuk mendapatkan hadiah. Jika Anda kurang waspada dan masuk ke dalam modus tersebut bisa menyebabkan terjadinya tindak kejahatan. Yuk kenali motif yang biasanya digunakan untuk modus penipuan ini;
“Anda mendapatkan hadiah”, “Poin Anda akan kadaluarsa hari ini”, atau
“Poin Anda telah memenuhi persyaratan pertukaran”
Harap selalu diingat bahwa Bank tidak pernah meminta informasi pribadi perbankan seperti PIN, Password, atau OTP.
Lalu, apa yang harus kita lakukan jika mendapatkan pesan penipuan seperti di atas? Berikut langkah yang bisa Anda ikuti:
Ketahui kanal resmi dari SeaBank agar terhindar dari hoaks dan modus penipuan:
Facebook: SeaBank Indonesia
Instagram: @seabank.id
TikTok: @SeaBank.ID
X: @SeaBankID dan @SeaBankCare
LinkedIn: SeaBank Indonesia
YouTube: SeaBankIDOfficial
Customer Service Call Center: 1500 130
Email: cs@seabank.co.id
Website: https://www.seabank.co.id/
WhatsApp:
Seabank Indonesia (+628111500511) ✅
Seabank Indonesia Collection (+6281119150095) ✅
Seabank Indonesia Security (+6281119150096) ✅
Akun WhatsApp resmi SeaBank Indonesia memiliki tanda centang hijau dan pesan resmi. Akun WhatsApp resmi SeaBank tidak bisa digunakan untuk membuat atau menerima telepon.
Jika kamu merasa menjadi sasaran penipuan, segera hubungi customer service SeaBank melalui telefon di 1500 130.
PT Bank Seabank Indonesia berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI) serta merupakan bank peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)